Featured

Rabu, 02 Maret 2011

4 layers TCP/IP protocol suite

TCP/IP protocol suite terdiri dari 4 layers:
a)      Applikasi,
b)      Transport,
c)      Internetwork, dan
d)     network interface.
Layer tersebut dapat dilihat sebagai hirarki seperti di bawah ini :
a)      Layer Applikasi
adalah sebuah aplikasi yang mengirimkan data ke transport layer. Misalnya FTP, email programs dan web browsers.
b)      Layer Transport
bertanggung jawab untuk komunikasi antara aplikasi. Layer ini mengatur aluran informasi dan mungkin menyediakan pemeriksaan error. Data dibagi kedalam beberapa paket yang dikirim ke internet layer dengan sebuah header. Header mengandung alamat tujuan, alamat sumber dan checksum. Checksum diperiksa oleh mesin penerima  untuk melihat apakah paket tersebut ada yang hilang pada rute.
c)      Layer Internetwork
 bertanggung jawab untuk komunikasi antara mesin. Layer ini meg-engcapsul paket dari transport layer ke dalam IP datagrams dan menggunakan algoritma routing untuk menentukan kemana datagaram harus dikirim. Masuknya datagram diproses dan diperiksa kesahannya sebelum melewatinya pada Transport layer.
d)      Layer networks interface
 adalah level yang paling bawah dari susunan TCP/IP. Layer ini adalah device driver yang memungkinkan datagaram IP dikirim ke atau dari pisikal network. Jaringan dapaat berupa sebuah kabel, Ethernet, frame relay, Token ring, ISDN, ATM jaringan, radio, satelit atau alat lain yang dapat mentransfer data dari sistem ke sistem. Layer network interface adalah abstraksi yang memudahkan komunikasi antara multitude arsitektur network.

0 komentar:

Posting Komentar