Featured

Sabtu, 28 Juli 2012

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Database?



web database merupakan suatu sistem untuk menyimpan informasi yang kemudian dapat diakses melalui website. Sebagai contoh, sebuah komunitas online (online community) mungkin memiliki database yang menyimpan informasi username, password, dan detail informasi lain yang dimiliki semua anggotanya.
Sistem database yang paling umum digunakan di Internet adalah MySQL dikarenakan integrasinya dengan PHP (PHP merupakan server side programming language yang paling banyak digunakan).
Pada tingkat yang paling sederhana, web database merupakan satu atau beberapa kumpulan tabel yang berisi data. Masing-masing tabel memiliki field-field berbeda untuk menyimpan berbagai jenis informasi. Tabel-tabel ini kemudian dapat saling dihubungkan untuk memanipulasi data menggunakan cara-cara tertentu.
Web database dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Sebagai contoh, content management system (CMS) pada umumnya menggunakan web database untuk menyimpan informasi seperti post, username, dan juga komentar.
Menggunakan database memungkinkan website dapat diupdate dengan mudah dan tanpa perlu mengedit kode HTML untuk setiap halaman yang ingin diubah. Hal ini tidak hanya merupakan suatu cara yang efisien dalam membuat dan mengupdate sebuah website, namun juga membuat prosesnya lebih mudah diakses oleh orang-orang yang tidak terlalu memahami bahasa pemrograman Internet.
Contoh lain di mana web database dapat digunakan adalah untuk suatu forum online. Website forum seringkali membuat sebuah database dengan sejumlah tabel, termasuk satu untuk pengguna, post, dan untuk pengaturan. Merupakan hal yang penting untuk mengatur hubungan alias relationship di antara tabel, sehingga (misalnya) post dan pengguna dapat dihubungkan secara lebih mudah.

0 komentar:

Posting Komentar