Featured

Jumat, 21 Januari 2011

INSATALASI LAN

a) JARINGAN KOMPUTER
adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya.Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.
Jaringan komputer juga adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
• Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
• Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
• Akses informasi: contohnya webbrowsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server).Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.



b) JENIS-JENIS JARINGAN DAN PENGERTIAN LAN,WAN,MAN

LAN (Local Area Network)
     Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer  yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN  berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasadisebut Wi-fi) jugasering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologiWi-fi biasa disebut,hotspot.

     Pada sebuah LAN, setiap node atau computer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap computer jugadapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses  yang  telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

     Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi  yang  disewa dari  operator  telekomunikasi
     Biasanya salah satu komputer di antara jaringan computer itu akan digunakan menjadi  server  yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

pertanyaan:

1) jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil seperti; sekolah, kampus, dan perkantoran adalah jenis  jaringan...
a. wan 
b. man
c. lan
d. internet
jawaban: C
2) apa itu jaringan komputer...
a. jaringan yang mencakup wilayah-wilayah tertentu tanpa ada batasan
b. jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya
c  jaringan komputer adalah sekelompok penggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya 

d. jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya
jawaban :d
3)  Tujuan dari jaringan komputer adalah...
a.  Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
b. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
c. Akses informasi: contohnya webbrowsing
d.semua jawaban benar
jawaban : d
4) apa karateristik dari LAN
a. Mempunyai pesat data yang lebih kecil
b. Meliputi wilayah geografi yang lebih luas
c .Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi  yang  disewa dari  operator  telekomunikasi
d.semua jawaban benar.
jawaban : c



0 komentar:

Posting Komentar